Identitasmu...

Selasa, 09 April 2013

Penyebab Defisit Neraca Anggaran

 3 Kesalahan Pemerintah yang menyebabkan anggaran defisit

Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Ahmad Erani Yustika menyebutkan ada tiga kesalahan pemerintah yang menyebabkan defisit neraca perdagangan.

Kesalahan yang pertama adalah pemerintah tidak mendifersivikasi komoditas ekspor dan negara tujuan ekspor. “Selama 25 tahun terakhir, pemerintah gagal mendifersivikasi ekspor Indonesia, baik komoditasnya maupun negara yang menjadi tujuan ekspor,” ujar Erani pada Evaluasi Ekonomi Triwulan I 2013 yang diadakan INDEF di Jakarta (9/4/2013) siang ini.

Selama ini barang primer menjadi komoditas utama ekspor Indonesia, namun saat ini harga komoditas tambang, energi yang menjadi andalan Indonesia cenderung mengalami penurunan. Ditambah lagi perekonomian dunia yang masih dalam kondisi krisis, membuat kinerja ekspor Indonesia semakin terpuruk.

Kesalahan yang kedua adalah pemerintah tidak mengontrol impor bahan baku penolong yang mencapai 70% dari total impor. Impor bahan baku akan diolah oleh industri dan selanjutnya akan diekspor, menurut Erani seharusnya barang yang menjadi komoditas ekspor memiliki muatan lokal yang lebih banyak. “Kalau mau impor harusnya lebih banyak barang modal,” sebutnya.

Dan kesalahan ketiga adalah, pemerintah gagal mengendalikan subsidi BBM. Subsidi membuat harga bahan bakar di Indonesia menjadi sangat murah, sehingga membuat konsumsi masyarakat selalu melebihi kuota yang telah ditentukan pemerintah. Untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar masyarakat jalan terakhir hanyalah impor, akibatnya defisit neraca perdagangan migas semakin membesar.

Sumber        :http://wartaekonomi.co.id/berita9061/3-kesalahan-pemerintah-penyebab-defisit-neraca-perdagangan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar