Identitasmu...

Selasa, 09 April 2013

Prestasi Kopi Indonesia

Indonesia Pemasok Kopi Terbesar ke-6 ke Amerika  

Indonesia Pemasok Kopi Terbesar ke-6 ke Amerika  
Kopi. Ericcressey.com
 
TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia kembali berpartisipasi pada pameran Annual Specialty Coffee Association of America (SCAA) ke-25. Pameran kopi terbesar di Negeri Abang Sam itu akan diselenggarakan pada 12-14 April 2013 di Boston, Amerika Serikat. "Pesertanya datang dari berbagai negara di dunia," kata Atase Perdagangan Washington D.C., Ni Made Ayu Marthini, melalui siaran persnya, Selasa, 9 April 2013.

SCAA sendiri memiliki 3.000 anggota yang meliputi para penghasil (growers), eksportir, pembeli (buyers) seperti dari roasters dan importers, serta pelaku usaha di bidang kemasan (packaging), pabrikan, retail, dan perusahaan peralatan perlengkapan penyajian kopi.

Menurut Made Marthini, dalam pameran tersebut, Indonesia akan menampilkan kopi khas daerah, seperti kopi Gayo, Lintong, dan Arabica Bengkulu yang berasal dari Sumatera. Kemudian ada kopi Toraja dari Sulawesi, kopi Kintamani dari Bali, kopi Wamena dari Papua, kopi Bejawa dari Flores, dan kopi Jawa.

Berbagai jenis kopi khas Indonesia tersebut akan dihadirkan oleh enam perusahaan kopi besar asal Indonesia. Enam perusahaan tersebut adalah PT Asia Mina Sejahtera, PT Coffindo, Serba Usaha Kondon Cooperatives, CV Harapan Bersama, PT Gunung Lintong, dan PT Sabani International. Selain itu, turut berpartisipasi empat perkebunan pemerintah (government-owned plantations), yaitu PT Perkebunan Nusantara XII PERSERO, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, dan Dinas Perkebunan Provinsi Papua. "Seluruh pengusaha kopi tersebut kami tempatkan dalam Paviliun Indonesia yang bertemakan "Trade with Remarkable Indonesia"," ujar Made.

Pameran tahunan ini bertujuan untuk mempromosikan produk kopi serta mensosialisasikan perkembangan tren terbaru produk kopi melalui beragam rangkaian kegiatan, antara lain simposium, sertifikasi kopi, workshop, pemberian penghargaan kepada penyaji kopi melalui US Barista Championship, dan Potrait Country Program.

Berdasarkan data statistik 2012, Indonesia berada di peringkat keenam sebagai negara sumber impor kopi terbesar Amerika Serikat dengan pangsa pasar 6,11 persen. Urutan peringkat negara sumber impor kopi Amerika lainnya adalah Brasil dengan nilai US$ 1,34 miliar dan pangsa pasar 20,64 persen, diikuti Kolombia dengan nilai US$ 903,54 juta dan pangsa pasar 13,82 persen, Vietnam dengan nilai US$ 612,80 juta dan pangsa pasar 9,37 persen, Guatemala dengan nilai US$ 565,64 juta dan pangsa pasar 8,65 persen, serta Meksiko dengan nilai US$ 473,54 juta dan pangsa pasar 7,24 persen.

Lebih lanjut, Made mengatakan, walaupun Indonesia berada di peringkat keenam sebagai eksportir terbesar kopi ke Amerika, tren ekspor selama tiga tahun terakhir terus menunjukkan peningkatan. "Ekspor kopi Indonesia pada tahun 2012 mencapai nilai US$ 399,54 juta. Nilai tersebut mengalami peningkatan signifikan sebesar 22,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang nilainya sebesar US$ 325,57 juta," katanya.

Sumber     :http://www.tempo.co/read/news/2013/04/09/090472099/Indonesia-Pemasok-Kopi-Terbesar-ke-6-ke-Amerika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar